Laporan: Feni
Jenita Janet
Jenita Janet Putuskan Berhijab. (Foto: Dokumentasi)

“Seorang janet ya Allah kok aku bisa dikasih kesempatan, itu ya malu gitu sama Allah.  Masa sih Allah udah sayang banget Janetnya malah ngak sayang sama Allah engga taat,”cerita pedangdut Jenita Janet tentang kisah hijrahnya.

Sejak memutuskan untuk mengenakan hijab sepulang dari umrah pada Maret 2023 lalu, kini Jenita Janet telah semakin mantap menjalani proses hijrahnya tersebut. Pedangdut yang dikenal kerap mengenakan rambut palsu dengan berbagai model dan warna tersebut, kini telah meninggalkan penampilan yang menjadi ciri khasnya tersebut.  Keputusan Janet untuk mengubah penampilannya saat ini dengan mengenakan hijab, rupanya telah membuat dirinya kehilangan banyak pekerjaan. Bahkan Janet harus mengembalikan sejumlah uang yang sebelumnya telah lebih dulu dibayarkan kepadanya,  saat melakukan kesepakatan kerja dengan pihak lain.

“Kayaknya Janet kehilangan puluhan pekerjaan aja yang tiba-tiba cancel karena Janet sudah announce bahwa Janet berhijab sampai ada yang sudah bayar uang muka dan Janet kembalikan. Janet merasa yang kayak ya mungkin belum rejekinya, bisa setenang itu loh.  Padahal kalo logikanya manusia kalo kita hitung-hitung matematika ya masa iya kita hitungan matematika sama Allah?”ungkap pedangdut asal Bandung ini.

Jenita Janet. (Foto: Instagram.com/@makeup_byrivolisaa)

Sejak menggunakan hijab, Jenita Janet merasakan kehidupan berubah. Saat ini ia merasa lebih tenang saat menjlnkan ibadah. Merasakan kenyamanan di manapun berada. Janet percaya, kehilangan pekerjaan akan tergantikan dengan rejeki yang baru.

Banyak yang bertanya yakin sudah berhijab? Pasti susah kerjaan? Tapi kalo kayak gitu kan kayak tidak percaya sama Allah,” jelas Janet.

Jenita Janet dan Danu Sofwan
Jenita Janet dan suami, Danu Sofwan. (Foto: Instagram.com/@jenitajanet)

Proses hijrah yang dijalani Janet tidaklah mudah. Sempat terbesit keraguan di dalam diri pedangdut kelahiran 1 Juli 1987 tersebut, saat ingin memutuskan mengenakan hijab. Sejumlah kekhawatiran perihal pekerjaan yang telah disepakatinya dengan pihak lain, mewarnai proses pemantapan hatinya untuk mengenakan hijab. Bahkan demi mendapatkan jawaban atas keraguannya itu, Janet pun mencoba untuk menenangkan diri di sebuah hotel yang bernuansa Alam. Sementara itu dalam proses hijrahnya tersebut, sang suami, Danu Sofwan pun terus mendampinginya. Danu mengaku bahagia hingga menangis haru, kala sang istri akhirnya dengan mantap memutuskan untuk mengenakan hijab, dimana hal itu memang menjadi salah satu impiannya sebagai seorang suami.

Berhijab itu bukan sesuatu yang mudah. Janet ngerasain kita tidak akan dapat hidayah kalo engga menjemput sendiri. Gimana caranya, ya kita cari perhatian sama Allah.  Gimana caranya perbanyak ibadah. Dekatkan diri sama Allah dari yg mulai wajibnya aja dulu jangan ditinggalin,”nasehat Janet.

“Saya salah satu support sistemnya istri makanya waktu istri bilang, respon saya pertama kali ya nangis terharu. Engga nyangka dan ini benar – benar  kemauan istri sendiri tanpa ada dorongan paksaan. Dia benear benar dapat  hidayah dan nikmatnya dia ceritain masya Allah bangga bersyukur. Makasih yah,” kisah Danu Sofyan yang turut mendampingi sang istri.

Akhirnya Jenita Janet memiliki keyakinan diri untuk mengenakan hijab. Bahkan Janet pun tak kuasa menahan air matanya, kala mengingat lagi nikmat yang ia dapatkan saat menjalani ibadah umrah dan setelah mengenakan hijab.

“Janet merasa janet berhijab seperti ini ini adalah kasih sayang Allah. Tidak mudah bisa disayang  sama Allah harus bisa cari perhatian Allah gimana caranya kita disentuh hatinya karena umrah itu yang ternyata membukakan semuanya. Umrah itu yg memberikan Janet keyakinan yg luar biasa.”

(Fen/Maya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here