Rawat dan Lindungi Dari 5 Kebiasaan Sederhana untuk Mencegah Penuaan Dini. (Foto: Freepik)

Penuaan sejatinya merupakan proses alami yang akan dilalui oleh semua orang seiring berjalannya waktu. Namun, tidak jarang tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis-garis halus, bisa muncul lebih cepat. Oleh karena itu, perlu penerapan kebiasaan sederhana untuk mencegah penuaan dini tanpa menunggu batasan usia tertentu.  

Pasalnya, penuaan dini seringkali menimbulkan berbagai masalah fisik yang tidak jarang ikut menyerang mental. Bagaimana tidak, tanda penuaan dini bisa berdampak pada menurunnya kepercayaan diri dan potensi stres yang mampu memicu tekanan mental. Bukan hanya fisik yang berubah, mental pun bisa ikut jatuh. 

Kebiasaan sederhana untuk mencegah penuaan dini

Tidak perlu perawatan kecantikan ‘jalur’ medis, cukup lakukan lima kebiasaan sederhana untuk mencegah penuaan diri berikut ini. Dijamin penampilan tetap awet muda meski usia mulai menua! 

1. Rutin melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kebiasaan untuk mencegah penuaan dini yang tidak boleh ditinggalkan adalah rutinitas melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar UV bisa merusak kolagen dan elastin pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Dampaknya, percepatan penuaan dini seolah tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF yang tepat setiap kali akan keluar rumah. Selain itu, kenakan pakaian yang melindungi kulit, seperti topi dan baju lengan panjang untuk menghindari paparan langsung. 

2. Perhatikan pola makan yang sehat

Diet yang seimbang dan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran segar, dijadikan kebiasaan baik untuk mencegah penuaan dini.

Langkah ini akan membantu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Pastikan juga untuk mendapatkan asupan vitamin C, vitamin E, dan omega 3 yang cukup sebagai nutrisi yang mampu membantu menjaga kulit tetap sehat dari dalam.

3. Melakukan perawatan kulit menyeluruh

Melakukan perawatan kulit yang tepat dan menyeluruh juga wajib dijadikan kebiasaan rutin untuk mencegah penuaan dini. Bersihkan kulit, terutama area wajah secara teratur dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa make up setiap hari. 

Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembap dapat membantu menjaga kelembapan sekaligus melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Rutinitas ini juga akan mengurangi kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Hindari kebiasaan negatif pemicu penuaan dini

Seringkali orang tanpa sadar melakukan kebiasaan negatif yang malah memicu penuaan dini, seperti merokok, konsumsi makanan tidak sehat, dan begadang. Bukan hanya kesehatan fisik yang diserang, kondisi kulit juga akan menerima dampak yang paling kentara. 

Kebiasaan negatif semacam ini sering muncul akibat minimnya kesadaran atas upaya pencegahan penuaan dini sejak muda. Oleh karena itu, penting untuk menghindari semua kebiasaan negatif yang merusak kesehatan, baik fisik secara umum maupun kondisi kulit. 

5. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik

Kurang tidur dan tingkat stres yang tinggi juga dapat berdampak negatif pada kondisi kulit. Kurang tidur akan menyebabkan kulit kusam, mata bengkak, dan garis-garis halus yang lebih jelas. Sementara itu, stres kronis dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat mempercepat kerusakan kulit. 

Jadi, mulailah untuk menerapkan pola tidur yang cukup dan manajemen stres yang tepat. Atur jam tidur, terutama di malam hari, dan konsisten dengan aturan itu. Upayakan juga pengelolaan stres lewat meditasi, olahraga, atau hobi yang menyenangkan agar kondisi mental tetap stabil. 

Dengan menerapkan lima kebiasaan sederhana untuk mencegah penuaan dini tadi, upaya menjaga kulit tetap sehat dan glowing maksimal tidak lagi menadi hal yang sukut dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa perubahan tidak terjadi dalam semalam dan butuh konsistensi serta kesabaran untuk mendapatkan perubahan positif pada kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here