Masjid At Tabayyun - Taman Villa Meruya
Masjid At Tabayyun – Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu, 9 Oktober 2022. (Foto: Dokumentasi)

Warga masyarakat Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat bahagia  karena usai 30 tahun penantian akhirnya berdiri juga sebuah masjid mewah bernama Masjid At Tabayyun. Dimana peresmiannya dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Minggu, 9 Oktober 2022 kemarin.

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menandatangani prasasti peresmian Masjid At Tabayyun  di Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat. (Foto: Dokumentasi)

Anies Basewedan menandatangani prasasti peresmian Masjid At Tabayyun  di Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat didampingi oleh Ketua Dewan Pengarah Pembangunan Masjid At Tabayyun, H. Ilham Bintang dan Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun, H. Marah Sakti Siregar.

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Dokumentasi)

“Jadi Alhamdulillah masjid At Tabayyun di Taman Villa Meruya tuntas pembangunannya dan kami bersyukur bahwa ada lokasi baru yang Insya Allah dilokasi baru ini semua kebutuhan terpenuhi dengan baik. Bagi masyarakat membutuhkan Masjid mendapatkan Masjid dan bagi lingkungan disini yang membutuhkan tempat ruang terbuka hijau juga terpenuhi kebutuhannya,”ujar Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

H. Marah Sakti Siregar
H. Marah Sakti Siregar, Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun. (Foto: Dokumentasi)

“Kerinduan 30 tahun warga Taman Villa Meruya disini sudah bisa memiliki masjid Alhamdulillah. Kami panjat syukur kepada Allah S.W.T dan berterimakasih terutama kepada bapak Gubernur untuk memberikan ijin atas pembangunannya. Dan bersama kami mendukung aspirasi warga muslim sekitar 9 atau 8 persen di Taman Villa Meruya ini,”ungkap H. Marah Sakti Siregar, Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun.

Meski berkonsep Green Building ini baru soft opening, namun momen dan suasana  sudah terasa besar.  Sekitar 500 jemaah hadir pada acara peresmian soft opening itu. Terdiri dari para pengurus, para wartawan senior, rekan media dan juga terlihat composer Dwiki Darmawan ikut menghadiri peresmian masjid At Tabayun kemarin.

Diawali pembacaan Kalam Ilahi oleh Ustadz Arwani Marhun yang kemudian lanjut menjadi imam Shalat Maghrib. Lalu beberapa sambutan, diantaranya dari H. Marah Sakti Siregar, H. Ilham Bintang dan Anies Baswedan. Lalu ditutup dengan doa bersama.

Saat sambutannya H.Ilham Bintang juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada sang Gubernur DKI. Menurutnya, Masjid At Tabbayun bisa berdiri karena adanya solusi Gubernur DKI Anies  Baswedan yang mengizinkan fasos Pemprov untuk menjadi lahan pembangunan masjid At Tabayyun.

H. Ilham Bintang juga menyinggung kesulitan saat sang Gubernur DKI meletakan batu pertama pembangunan hingga meresmikan Masjid At Tabbayun. Dimana perjuangan yang penuh liku, diantaranya sempat digugat ke PTUN oleh sebagian warga, namun akhirnya berbuah manis.

H. Ilham Bintang
H. Ilham Bintang. (Foto: Dokumentasi)

“Apa perlunya pak Anies meresmikan Masjid ini, saya bilang kepada kawan-kawan biar pak Anies sudah nggak  menjadi Gubernur lagi tetep dia harus meresmikan masjid ini karena pak Anies penemu masjid ini. Tak ada orang punya solusi selain pak Anies. Dan itu solusi sempet ditolak oleh pengurus Tabbayun ini. Sehingga butuh 2 minggu melobi terutama mak-mak,”ungkap H. Ilham Bintang.

“Kemudian baru tau idenya itu besar. Awal terganggu tapi belakangan ternyata Anies yang benar, faktanya tanah ini 3500 meter bahwa masjid dibangun tidak hanya untuk rumah ibadah, tempat sholat tapi kalo perlu bikin rumah pendidikan,”lanjut H. Ilham Bintang.

Disebut sebagai solusi, Anies Baswedan pun dengan rendah hati menegaskan kalau berdirinya masjid At Tabayyun ini dikarenakan ijin dari Allah.

“Alhamdulillah disetujui mungkin saat itu terasa berat, tapi hari ini sama-sama kita mengadakan peluncuran rasanya mensyukuri tempat yang baru ini. Ini bukan dari saya, tapi Allah yang menghadirkan. Kita semua hanya menjalani. Insya Allah tempat ini jadi sumur pahala jariyah bagi semuanya,”tegas Anies Baswedan.

“Saya secara khusus sudah menyampaikan rasa terimakasih kepada warga di Taman Villa Meruya termasuk juga jamaah masjid ini. Ada masa dimana kita punya perbedaan pandangan, tapi tidak boleh merubah hubungan ketetangga, pertemanan, dan persaudaraan. Karena kita tahu Masjid ini jadi tempat ummat berkumpul, masyarakat semua merasakan manfaatnya,”lanjut Anies Baswedan.

Masjid At Tabayyun – Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat. (Foto: Dokumentasi)

Masjid At Tabayyun berdiri di atas tanah seluas 3500 M2 yang terdiri atas dua lantai. Lantai pertama untuk jamaah lelaki dan berkapasitas sekitar 600 orang, dan lantai kedua untuk jamaah perempuan dengan kapasitas 200 orang.

Menariknya, arsiteknya pun terkesan beda dari Masjid kebanyakan. Dimana Arsitek Masjid terkesan modern dengan gaya minimalis kekinian, elegan, bahkan megah. Hal ini juga diakui oleh Anies Baswedan.

“Ini sebuah masjid yang arsiteknya bagus, saya nggak tau arsitek ambil aspirasi dari mana. Tapi  dengan ruangan seukuran ini suasana terasa longgar sekali. Jadi betul-betul amat menarik dan perlu dijaga bersama-sama,”puji Anies Baswedan.

“Cuma saya pesan masalah air Masjid. Saya salah satu orang yang ditakdirkan berkeliling Jakarta secara rutin, nah muslim harus shalat Dzuhur, Adzar, Maghrib, Isya dan Shubuh. Jadi kadang Dzuhur wudhu kemana, Adzar wudhu kemana. Jadi ngerasain beda wudhu di Jagakarsa beda sama di Pademangan. Ada rasa metal, asin-asin sedikit, ada minyak-minyaknya sedikit. Dan ada wudhu betul-betul seger, itu kualitas di setiap tempat beda-beda di Jakarta. Tapi tadi saya coba disini Alhamdulillah seger,”sambung Anies Baswedan.

Sesuai dengan konsep green building, Masjid ini juga terasa asri dengan pepohonan hijau yang ada disekitarnya. Dan Masjid meski masih belum seratus persen selesai. Masih ada penyempurnaan bangunan agar lengkap. Dan budget untuk pembangunan Masjid ini memakan biaya sebesar 6,8 Milyar.

“Budgetnya 6,8 Milyar sampai hari ini 6,3 sudah habis dalam proses pembangunan. Dari peletakan batu pertama tanggal 27 Agustus 2022 hingga sekarang, namun lebihnya akan digunakan untuk penyempurnaan pembangunan Masjid At Tabbayun ini,”jelas H. Marah Sakti Siregar.

Dalam kesempatan itu juga, Anies Baswedan juga ungkap perihal dirinya yang akan bertugas sebagai Gubernur DKI yang tinggal menghitung hari saja.

“Sekaligus ini hari-hari terakhir saya bertugas, insya Allah Minggu depan saya purna tugas di Jakarta. Jadi saya sampaikan terimakasaih atas kepercayaannya, terimakasih atas doa dan dukungannya. Insya Allah tugas di Jakarta tuntas, saya mohon pamit, tapi saya tidak pamit dari Jakarta dan insyaAllah akan  terus meneruskan perjuangan untuk Jakarta,”pungkas Anies Baswedan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here