Foto dok BeritaSatu.com/Penyanyi senior Carlo Saba

Penyanyi senior Carlo Saba sudah meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Almarhum  meninggal dunia akibat serangan jantung pada rabu, 19 April 2023 lalu.  Vokalis dari grup musik Kahitna tersebut menghembuskan napas terakhirnya usai menjalani perawatan selama 2 bulan di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan.

Meski lama dirawat di rumah sakit, namun  keluarga mengaku tak memiliki firasat sama sekali atas kepergian Carlo karena melihat kondisi kesehatannya yang mulai membaik. Hal tersebut membuat banyak pihak merasa kaget.

Foto dok Instagram/Carlo Saba disemayamkan di rumah duka di kawasan Jakarta Pusat

Tak heran saat Carlo Saba disemayamkan di rumah duka di kawasan Jakarta Pusat pada kamis,  20 April 2023 lalu,  air mata keluarga dan sahabat pun tak hentinya mengiringi kepergian Carlo. Duka ini terus berlanjut hingga proses pemakaman berlangsung pada jumat, 21 April 2023 kemarin di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. 

Foto dok CNN Indonesia/Ivan Saba dan Verlita Evelyn, adik dan adik ipar Carlo Saba

“Pada saat kejadian aku lagi disitu, aku lagi di rumah sakit kita sempat ngobrol, cepat banget prosesnya itu yang sampai sekarang aku masih belum bisa ilang masih kebayang-bayang, jadi tiap merem bukan memori yang enak yah” ungkap Ivan Saba dan Verlita Evelyn, adik dan adik ipar Carlo Saba. 

“Tapi kondisinya baik maksudnya dia jalan, minum, ngobrol, makan semua normal,  jadi pada saat ada serangan tuh nggak  udah nggak  sadar, 30 menit dicoba untuk diupayakan untuk kembali tapi udah nggak bisa. Kalo kita liat progressnya kita yakin dia sembuh, jadi nggak ada  feeling sama sekali,”sambung Ivan Saba dan Verlita Evelyn.

Riwayat penyakit jantung yang diidap Carlo sejak lama membuat kondisi kesehatannya menurun dan harus menjalani perawatan secara intensif. Pasalnya,  sebelumnya Carlo sempat mengalami serangan jantung mendadak saat hendak tampil bersama Kahitna pada Januari 2023 lalu. 

Sejak saat itu kondisi kesehatan Carlo menurun hingga ia pun  sudah menjalani operasi pasang ring. Dan ia menutup mata di usia ke-55 tahun. Sebelumnya, sang adik, Marthin telah lebih dulu berpulang pada 7 Februari 2021 lalu karena serangan jantung juga.

“Tapi memang sih waktu Carlo yang pingsan di stage yang terakhir itu dari situ memang udah rada-rada turun gitu, cuma ya tetap aja kaget yah mas Carlo meninggal kemarin itu,”ujar Arman Maulana. 

“Saya bahkan terlambat dengar yah begitu dengar dia meninggal ternyata anak saya bilang sudah sakit lama. Saya nggak  dengar sama sekali kalo tau kan saya bisa tengok,”timpal Indro Warkop.

Carlo memulai debutnya di dunia hiburan sejak tahun 1986 atau tepatnya 37 tahun lalu bersama grup musik Kahitna. Peran dan kehadiran Carlo sebagai anggota Kahitna pun sangat berarti besar bagi perjalanan karier Kahitna.

Sebagai pendiri sekaligus pemain piano dan Keyboard, serta pencipta lagu Kahitna, Yovie Widianto mengungkapkan jika Carlo merupakan orang pertama yang ia rekrut sebagai anggota Kahitna. Bahkan Carlo yang merupakan sahabat Yovie sejak masa SMA tersebut pun menjadi inspirasi bagi Yovie dalam menciptakan lagu.

Foto dok Kompas.id/Penyanyi senior Carlo Saba sudah meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya

Namun sayangnya, keinginannya untuk bisa kembali manggung bersama Kahitna serta membuat single bersama keluarga Saba  belum sempat terwujud diakhir hayatnya.

Foto dok Instagram/Yovie Widianto

“Mengawali anggota yang saya cari di Kahitna jadi Carlo bisa dikatakan penyanyi pertama yang direkrut, sebelum Heidy dan Mario dan yang lain carlo adalah orang pertama 1 SMA dengan saya di Bandung di SMA 5,  sahabat kecil dan teman main kecil,  jadi saya tau betapa besarnya kecintaan Carlo terhadap Kahitna,”beber Yovie Widianto.

Kecintaannya terhadap Kahitna sejak awal terbentuk membuat Carlo meyakini jika grup musiknya tersebut akan sukses di dunia hiburan. Bak meramalkan masa depan,  Carlo berujar jika di masa akan datang lagu-lagu Kahitna yang diciptakan oleh Yovie akan sukses. Dan hal tersebut pun benar- benar terbukti, dimana hingga saat ini di usia Kahitna yang menuju 37 tahun,  lagu-lagu Kahitna masih sangat digemari oleh banyak orang.

“Saya ingat ketika saya masih di Bandung ketika baru pertama kali membuat lagu, Carlo kan bilang gini Yov ini band kita pasti akan jadi band lagu cinta yang nggak akan pernah bisa sama dengan yang  lainnya  karena kita punya ciri. Ya memang ada keajaiban begitu didengarkan Cerita Cinta bisa begitu meledak ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri pada waktu itu. Kami pun tur ke seluruh Indonesia sampai tur dunia ke Eropa,”kenang Yovie Widianto. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here