Laporan: Feni

Devano Danendra
Devano Danendra. (Foto: Instagram.com/@iamdevano)

Sempat mengalami depresi hingga ingin mengakhiri hidupnya beberapa waktu lalu, kini Devano Danendra anak pedangdut Iis Dahlia, kini memutuskan untuk tinggal terpisah dari kedua orang tuanya.  Artis kelahiran 23 September 2002 tersebut memilih untuk tinggal sendiri di sebuah rumah, yang letaknya tak jauh dari kediaman orang tuanya. Keputusan Devano meninggalkan rumah orang tuanya didasari oleh keinginannya untuk hidup mandiri, di usianya kini yang telah dewasa, tepatnya menginjak usia 20 tahun. Meski mengaku berat meninggalkan rumahnya lantaran terbiasa selalu bersama kedua orang tuanya dan kakak perempuannya,  namun Devano mengaku dirinya sangat ingin mencoba hidup mandiri dan belajar mengerjakan semua hal sendiri demi masa depannya.

“Aku merasa aku sebagai seorang laki laki harus belajar banyak hal aja, dimana kayak nantinya aku nggak bisa kayak cuma patokan sama mama papa aja. Aku tahu papa pilot mama penyanyi, semuanya  tercukupi . Tapi aku rasa ketika aku besar nanti punya anak,  kayaknya gua harus belajar dari sekarang untuk hal kecil aja nyuci ,ngelipat baju, setrika, masak. Menurut aku hal detail kecil yang penting  untuk kita belajar buat  depan,”ungkap Devano panjang lebar.

Diusianya saat ini Devano merasa sudah saatnya untuk belajar hidup mandiri. Meski dilahirkan dari orang tua yang berkecukupan, Devano ingin belajar hidup dari jerih payahnya sendiri.  Agar dia dapat merasakan bagaimana menghadapi  kerikil kerikil kehidupan.

“Berat sih aku terbiasa sama keluarga berempat gitu. Tapi  karena aku punya kemauan dan aku merasa,  udahlah ini udah saatnya  belajar dan juga setelah apa yang terjadi dalam hidup aku,  kayak aku merasa kayaknya enggak bisa terus ada di rumah diam dan gak ngapa-ngapain dan aku merasa sendirian di rumah karena mama kerja, papa kerja,  kakak sekarang juga udah kerja, dan aku juga kadang kerja tapi kalo di rumah merasa sendiri-sendiri. Dan sekarang aku pindah rumah jadi merasa keluarga kayak malah semakin klop aja,” cerita Devano lagi.

Iis Dahlia dan Devano Danendra
Iis Dahlia dan Devano Danendra. (Foto: Instagram.com/@isdadahlia)

Meski kedua orang tuanya mengizinkan dirinya untuk tinggal seorang diri, namun Devano mengungkapkan jika hingga kini orang tuanya masih meminta dirinya untuk kembali ke rumah. Sayangnya hal tersebut tak mempengaruhi keinginan Devano yang bersikeras untuk hidup mandiri.  Apalagi kini Devano tengah menikmati tantangan yang ia rasakan, dikala dirinya yang memiliki ketakutan terhadap makhluk halus harus mencoba untuk bertahan menghadapi ketakutannya tersebut. Tak hanya itu artis kelahiran Bongas, Indramayu, Jawa Barat itu juga harus mulai belajar mengatur keuangannya sendiri, yang didapatkan dari hasil kerja kerasnya di dunia hiburan untuk keperluannya sehari- hari.

“Jujur aku termasuk orang yang boros. Sekarang jadi ya itu saving money untuk makan untuk aku punya peliharaan kayak anjing, kucing jadi itu sih yang perlu dipertimbangkan.

Iis Dahlia Tak Khawatir Devano Hidup Sendiri

Jika bagi kebanyakan anak selebritis menikmati hidupnya sebagai anak orang orang terkenal ternyata tidak demikian dengan Devano, anak laki laki semata wayang pedangdut Iis Dahlia. Devano mengaku pernah tertekan menjadi anak artis seperti Iis Dahlia. Terlalu banyak orang yang menyoroti hidupnya.  Banyak yang beranggapan, ke luarnya Devano dari rumah orang tuanya karena tak ingin hidup di bawah bayang bayan nama besar orang tuanya.

Iis Dahlia
Iis Dahlia. (Foto: Instagram.com/@isdadahlia)

“Ya enggak apa apa udah besar dia merasa udah mandiri udah punya uang sendiri biarin dia mengatur hidupnya sendiri aku senang,” ujar Iis Dahlia saat ditanya keputusan Devano meninggalkan rumah.

Ketika putra bungsunya meminta ijin untuk tinggal pisah rumah dengan orang tuanya, Iis Dahlia mengaku tak merasa khawatir, lantaran meyakini jika Devano yang kini sudah berusia dewasa bisa untuk hidup mandiri dengan caranya sendiri.

“Enggak sedih orang rumahnya juga dekat.  Hampir tiap hari juga ke  rumah kok. Udah pada gede udah pada dewasa anak-anak aku yang satu udah mau 22 tahun,  si kakak baru ulang tahun ke-24 jadi udah besa,  jadi dia udah bisa, yang penting kita sebagai orang tua rasanya  sudah cukup memberi pelajaran memberikan bekal mudah-mudahan bismillah mereka menjadi anak yang sukses yang berjalan di jalan Allah.”

Rupanya keputusan Devano untuk hidup mandiri, tak serta merta membuat orang tuanya lepas tangan begitu saja.  Meski telah memiliki penghasilan sendiri dan tak lagi meminta dari kedua orang tuanya, namun Devano mengaku masih mendapat kiriman uang dari orang tuanya. Hal tersebut lantaran rasa khawatir kedua orang tuanya perihal masalah finansial dirinya yang kini sudah tinggal sendiri. Namun Devano terus berusaha meyakinkan kedua orang tuanya, agar tak khawatir dengan dirinya saat ini.

Sejak dirinya tinggal terpisah dengan kedua orang tuanya dan kakak perempuannya, kini Devano justru lebih intens berkomunikasi dengan keluarganya. Devano pun mengaku dirinya kini lebih membiasakan diri, untuk menjenguk kedua orang tuanya jika tak memiliki kesibukan.

“Sama anak-anak angkat semunya dekat jadi kalo ada pertanyaan gimana anaknya?  Sama anak orang aja gua perhatiin,  gua dekat apalagi sama anak sendiri.”

Pasca mengalami depresi akibat hujatan yang kerap ia peroleh dari netizen, lantaran dirinya merupakan anak dari pedangdut Iis Dahlia yang sempat beberapa kali menuai kontroversi, hingga iapun merubah penampilan menjadi nyentrik yang membuatnya terlihat lebih feminine dengan mengenakan anting di kedua telinganya, kalung, serta cat kuku layaknya perempuan, Devano kini tampaknya jauh lebih dewasa dalam menyikapi komentar miring netizen. Devano mengaku dirinya sudah tak ingin terlalu merespon hal tersebut, dan memilih untuk memberikan senyuman saja.

( Fen/ Maya )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here