Laporan: Rafli

Alvin Faiz dan Umi Yuni
Alvin Faiz dan ibunda, Umi Yuni. (Foto: Instagram.com/@alvin_441)

Polemik pesantren Az- Zikra sepeninggal Ustadz Arifin Ilham, menyangkut putra sulungnya, Alvin Faiz dan Umi Yuni, ibunda Alvin masih terus memanas. Setelah kabar Umi Yuni menikah lagi, kabar tak sedap seputar istri pertama almarhum Ustaz Arifin Ilham ini terus  bergulir.  Beberapa waktu lalu, sempat berembus kabar bila wanita bernama lengkap Wahyuniati Al Waly ini, menyalahgunakan uang milik Az Zikra sebesar 69 miliar rupiah.

Hal itu cukup membuat heboh, khususnya para jamaah Az Zikra sendiri. Sahabat mendiang Ustaz Arifin Ilham, Koh Hanny Kristianto sempat menunjukan rekening Arifin Wakaf yang jumlahnya kini  tersisa 6 juta rupiah. Sebelumnya saldo rekening Arifin Wakaf itu diduga  berjumlah puluhan miliar rupiah.

“Kalo jumlahnya saya tidak tahu. tau ini ada rekening. Yang jadi pertanyaan,  kabarnya  rekening  saldonya puluhan miliar  rupiah, tapi saldo terakhir hanya enam juta sekian.  Namanya rekening wakaf uang umat milik Allah.  Harusnya   diaudit.  Dari tahun 2019 sampai sekarang tidak  ada audit sama sekali. Sejak Ustaz Arfin Ilham meninggal dunia,” jelas Koh Hanny Kristianto kepada ceknricek.tv.

Lebih jauh dijelaskan oleh Ko Hanny, jika rekening Arifin Wakaf itu terdiri dari banyak rekening.  Dalam  sebuah video yang dimilikinya, saat ceramah mendiang Ustaz Arifin  Ilham sempat menyebutkan jika dana wakaf  yang ada berjumlah 100 miliar rupiah untuk pembangunan Az Zikra.

Umi Yuni
Umi Yuni. (Foto: Instagram.com/@okisetianadewi)

Kisruh soal uang milik Az Zikra itu, membuat pihak Umi Yuni melaporkan Koh Hanny Kristianto ke polisi, atas dugaan pencemaran nama baik. Sebagai pihak yang di laporkan pada 17 mei 2023, hingga saat ini Koh Hanny belum menerima panggilan polisi untuk dimintai keterangan. Dan jika tidak terbukti, dirinya akan melaporkan balik Umi Yuni.

“Sudah sebulan belum ada panggilan polisi. Saya malah menunggu-nunggu. Kalau ada panggilan polisi anggaplah benar seperti itu. Kalo tidak terbukti saya dan pengacara akan melaporkan balik,”ungkap sahabat almarhum Ustaz Arifin Ilham itu.

Koh Hanny Kristianto
Koh Hanny Kristianto. (Foto: Instagram.com/@hannykristianto)

Koh Hanny akan membuktikan kebenaran yang di yakininya. Begitu juga dengan Umi Yuni. Selain dituding menyelewengkan uang milik Az Zikra, dirinya bersama Alvin Faiz, juga sempat di sebut telah menjual rumah yang di tempati bersama almarhum ustaz Arifin Ilham di kawasan Sentul ,Bogor. Pemilik nama Wahyuniati Al Waly itu berhasil mematahkan tuduhan tersebut. Bersama tim kuasa hukumnya, ia membuktikan bila rumah tersebut tidak dijual dan dan masih di tempati. Tapi menurut Koh Hanny, Umi Yuni tidak berhak lagi tinggal di rumah itu karena kini ia bukan lagi, istri almarhum Arifin Ilham,. Disebutkan jika saat ini Umi Yuni telah menikah lagi.

“Umi Yuni sudah istri orang lain, sudah bukan keluarga besar Az Zikra. Tidak lagi jadi Pembina, tidak lagi menempati rumah Ustaz, bikin kajian pakai foto  almarhum. Janganlah!” ujar Koh Hanny tegas.

Tentang tuduhan miring yang kerap diarahkan kepada dirinya serta putra sulungnya, Umi Yuni menyikapinya dengan bijaksana.

“Namanya kita hidup di dunia, ada yang suka dan tidak. Apapun yang kita bilang yang tidka suka tetap saja tidak baik. Apapun yang kita bilang salah,” balas Umi Yuni.

Koh Hanny Kristianto dan Almarhum Ustadz Arifin Ilham
Koh Hanny Kristianto dan Almarhum Ustadz Arifin Ilham. (Foto: Instagram.com/@hannykristianto)

Untuk menyelesaikan masalah dalam Az Zikra Koh Hanny ingin pihak pihak berwenang tergerak hatinya untuk memeriksa keuangan Az Zikra. Harus diadakan audit atas aset yang dimiliki Yayasan Az Zikra. Sebab sejak tahun 2019 hingga kini atau setelah Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia, belum pernah ada lagi audit aset milik az zikra baik lahan ataupun keuangannya.

“Harusnya Yayasan yang menerima bantuan diatas 500 juta dengan aset diatas 20 miliar wajib diaudit. Jadi mudah mudahan  ini dilihat Kejaksaan dan pajak. Ini kewajiban yang harus di laksanakan pemerintah dan kewajiban Yayasan memberika laporan audit demi kemaslahatan umat dan tegak hukum di Indonesia terutama Yayasan,” ungkap Koh Hanny lagi.

“Makanya kita minta audit Karen diberitakan puluhan miliar, apakah benar puluhan mliar?  Apakah bener.kalau Ustaz Arifin bilang  di video  ada 100 miliar? Berarti sumbernya Ustadz Arifin, karena banyak rekening termasuk rekening Arifin Wakaf ini.  Mana auditnya?”

(Raf/ Bayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here